Latest News

BLOGGER KEREN ITU YA NO EXCUSE, NO BAPER & OJO SOMBONG


BLOGGER KEREN ITU YA NO EXCUSE, NO BAPER & OJO SOMBONG 




Dulu yang ada dalam benak saya, blogger keren itu yang ngeblognya sambil nongkrong di kafe, bawa lepy merknya apel kena gigit. Terus diundang ke event sana-sini plus selalu jadi juara lomba. Duh, keren banget, ye kan?

Itu ekspetasi saya dulu... 

Berbeda dengan apa yang ada dalam pikiran saya sekarang. 
Karena bagi saya, setiap blogger itu keren dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Setiap blogger punya keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh blogger lainnya.

Etapi... seorang blogger akan bertambah keren, jika : 


1. No Excuse

Sukses itu no excuse! Pun dengan blogger keren, dia pasti enggak punya alasan buat enggak ngeblog. Dia selalu saja ada alasan kenapa ngeblog. Pun saat dia mendapatkan job dari ngeblog. Pasti deh profesional banget. Enggak ada tapi-tapinya kalau sudah menyanggupinya. Ye kan? 

Berbeda sama saya yang belum keren ini, banyak banget tapinya... hohoho 

Contoh blogger keren yang no excuse itu : 


√ dapat job ya engak usah nunggu deadline lah, tapi ada waktu langsung dikerjain dengan totalitas. Jangan nunggu deadline yang ujung-ujungnya dikejar-kejar agensi terus punya segudang alasan. Apalagi kalau alasannya syibuklah, enggak ada waktulah, bla... bla... (sudah tahu sibuk, kenapa terima job?)


√ datang ke event, tepat waktulah. Lebih awal lebih baik. Jangan pulang duluan juga, ikuti event sampai selesai. Enggak profesional banget kan kalau datang ke event telat terus pulang duluan. Apalagi event berbayar? Berkah enggak, ya? 

√ jangan share soal fee yang belum cair ke sosial media. Plisss... jangan dech. Meskipun kita lagi butuh-butuh banget, meskipun itu hak kita, enggak perlu diworo-woroin juga, kan? Misalpun jadi bahan obrolan, ya di grub yang privat aja atau japri-japrian sesama penerima job. Atau kalau tidak, ya email ke agensi dan nanya baik-baiklah, ya? 

√ jangan ngebatalin datang ke event secara medadak. Duh... kalau dari awal memang tidak bisa, mending skip! Jangan dipaksain. Ujung-ujungnya pas hari H... absen deh. Apalagi kalau ngebatalinnya karena ada event lain yang bayarannya lebih gedhe? Kok seolah-olah ngeblognya Cuma demi uang banget, yah? Buat saya, ini sama sekali tidak keren. 

√ jawab komentar teman-teman di blog dan kasih kunjungan balik. 

√ tidak lelah untuk belajar, belajar dan belajar. Kalau mau jadi blogger keren dengan konten yang menarik sehingga dilirik banyak agensi dan sering menang lomba, yaudah ayok waktunya buat belajar. Jangan malah buat mencari kekurangan sesama blogger. 

2. No Baper 

Jadi blogger jangan gampang baper! Temannya dapat job banyak, jadi sewot karena ngana enggak dapat. Temannya menang lomba, jadi nyinyir karena ngana kalah. 

Duh, hari gini jadi blogger tapi baper? Jangan ngarep jadi blogger keren deh! 

Blogger keren itu enggak baper! Temannya dapat job banyak? Ya enggak apa-apa. Kita ngaca sama diri sendiri. Kira-kira kita sudah pantas belum dapat job banyak kayak dia? Kira-kira kebutuhan kita, amalan kita, sudah kayak dia belum? 

Jangan yang ada malah sewot dan ngata-ngatain apalagi sampai nyinyir sama tuh teman banyak job tapi kok pelit, jobnya enggak dibagi-bagiin, atau bla... bla... 

Tapi alangkah lebih baiknya, NGACA! Saya pernah hlo ngiri sama teman-teman blogger yang diundang ke event besar nan bergengsi. Kepengan banget. Nanya dalam hati, gue bisa enggak yah kayak mereka? Terus saya ngaca ke diri sendiri. Bagaimana kualitas konten saya selama ini, berapa pageviewnya? Terus kalau saya diundang, saya sudah pantas belum, ya? Saya bisa datang tidak, ya? 

Terus, ada teman menang lomba, kita jadi ngiri, baper. Duh... duh... ngaca lagi yuk? Gimana karya kita bila dibandingkan sama sang pemenang? Jangan mengutamakan bapernya, tapi intropeksi sekaligus belajar dari mereka sang juara. 

Saya tuh kalau ngomongin lomba, saya langganan kalah. Kecewa sih iya! Tapi kalau baper sampai ngiri sama para pemenangnya? Ya irinya itu saya harus bisa kayak mereka. Belajar bikin artikel ciamik, gambar yang bagus, konten yang menarik. 

3. Ojo Sombong 

Sudah femes, sudah banyak yang kenal, terus jadi sombong. Oh tidak... blogger keren nan femes itu sama sekali tidak sombong, dia rendah hati dan mau berbagi. 

Kan tidak keren banget yah, merasa sudah terkenal, jadi enggak mau kenal sama blogger-blogger baru. Sudah terkenal, tidak mau berbagi ilmu. 

Argh, kalau kamu mau jadi blogger keren, ya jangan sombonglah. Berteman sama siapa saja. Tidak pelit ilmu. 


Dari ketiga kriteria itu, apakah saya sudah memenuhinya? Oh, jelas blas sama sekali saya belum bisa seperti itu. Saya sama sekali belum keren. Tapi saya berusaha untuk menjadi keren. Hahaha... 

Hla gimana, yah? Saya itu masih kebanyakan excuse. Masih suka menunda-nunda waktu buat mengerjakan job. Endingnya, job dikerjakan mepet deadline dan masih suka-suka ngerjainnya. Ini tidak profesional banget, kan? Tapi saya mulai memperbaikinya. Sebisa mungkin mengerjakan job secepat mungkin tanpa menunggu deadline datang menyapa. 

Saya juga masih jarang blogwalking dan membalas komentar teman-teman. Artikel juga belum nerapin SEO yang baik dan benar. Wajar sih kalau pagewievnya masih seumprit. Dapat jobnya masih receh. 

Saya juga pernah tiba-tiba ngebatalin datang ke event. Saya juga pernah datang ke event tapi telat. Alasan rumah jauh, anak tidak ada yang momong. Dan jujur, enggak enak banget di hati. Makanya kalau saya ngerasa enggak yakin untuk datang ke event, saya memilih skip. 






Saya tuh tahu dan sadar banget, saya masih jauh dari kata keren. Kalau saya belum mendapatkan seperti mereka para blogger keren ya wajar. Makanya, saya belajar jadi blogger keren. Saya belajar menjadi blogger yang lebih baik dari saat ini. Aamiinin yah, apalagi ini bulan ramadan. 

Ini adalah kriteria saya soal blogger keren—menurut saya. Mohon maaf yah kalau ada salah kata. Ini hanya pendapat saya tentang blogger keren itu yang seperti apa? Kalau pendapat teman-teman semua, bagaimana? 



“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!


13 Responses to "BLOGGER KEREN ITU YA NO EXCUSE, NO BAPER & OJO SOMBONG "

  1. Ternyata kriteria blogger keren itu banyak sekali ya mba kalau dikumpulkan hehe
    Inshaallah sembari belajar lebih baik, kita bisa menjadi blogger keren. Minimal untuk diri sendiri. Saya juga masih jauh dari istilah blogger keren. Masih harus banyak belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget...

      sayapun juga lagi belajar biar bisa jadi blogger keren...

      Delete
  2. Dari semua kategori di atas tentang blogger keren, saya nggak termasuk. Hiks... Hiks... Hiks...

    ReplyDelete
  3. sombong?
    jangan ngeblog kalo tidak ingin berkawan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...

      sombong bukan hanya enggak mau berkawan saja loh, ada kok yang sombong tapi mau berkawan... ya kawannya milih-milih sih...heheh

      Delete
  4. Ada teman dapat job, ya alhamdulillah, nggak dapet ya jangan baper, hheee
    Nah iya lagi, kalo nggak menjalin relasi dengan blogger lain juga kurang greget ya mbak hehheee
    TFs Mbak Witri ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... job berdatangan kan ketika kita juga enggak ngasih batasan ke siapa saja kita temenan, kan?

      Delete
  5. Saya sudah lama ngeblog, lama banget tapi ya itu tadi blog saya cuama anget anget tai ayam... kadang publish kadang enggak.. dan tentunya saya belum masuk lah ya jadi kategori blogger keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa... Saya ngeblog jugaaa masih ngikutin mood... Jauhlaj saya dari kata keren...heheh

      Delete
  6. Aku banget ini yang enggak keren. Suka nunggu mepet deadline baru nulis.

    ReplyDelete
  7. Mudah-mudahan tercapai cita-citanya menjadi blogger yg keren. Kalau saya jadi blogger mengisi waktu saja, maklum anak sudah gede...

    ReplyDelete