Latest News

SETIAP FOTO MENYIMPAN CERITA, DAN BIARLAH DIA BERCERITA LAYAKNYA SEBUAH MAJALAH

SETIAP FOTO MENYIMPAN CERITA, DAN BIARLAH DIA BERCERITA LAYAKNYA SEBUAH MAJALAH

SETIAP FOTO MENYIMPAN CERITA, DAN BIARLAH DIA BERCERITA LAYAKNYA SEBUAH MAJALAH. Setiap foto selalu menyimpan ceritanya sendiri. Tanpa perlu diceritakan dalam rangkaian kalimat, namun sebuah foto mampu mewakili menceritakan suatu kejadian.



Tak hanya itu, bahkan sebuah foto juga mampu merekam kenangan yang mampu hilang terkikis waktu. Otak manusia mampu ‘lupa’ tapi tidak dengan sebuah foto.

Ah, berbicara tentang foto, mungkin tak akan pernah ada habisnya.

***
Tentang foto masa kecil yang tak banyak tersisa

Semenjak saya duduk di bangku SMA, saya adalah salah satu species yang doyan banget selfie. Kala itu, bermodalkan kamera depan hape Nokia 6600, saya hobi sekali mengabadikan moment-moment bersama sahabat-sahabat saya.

Kala itu tahun 2008, sudah ada friendster sih, tapi sayangnya saya belum mengenalnya. Tahun itu saya belum berteman dengan yang namanya internet.. hohoho. Dan kala itu, saya terlalu percaya pada hape saya, yaitu menyimpan foto-foto saya bersama teman-teman tapi enggan menyetaknya. Hingga pada suatu hari (menjelang ujian nasional), hape saya jatuh saat saya berangkat ke sekolah. Hape hilang, foto-fotopun juga hilang. Saya menangis sejadi-jadinya, tapi apa daya? Orang yang menemukan hape saya tidak mau mengembalikannya, ditebuspun tak boleh. Tiada hal yang terbaik selain MERELAKANNYA.

Sementara soal foto masa kecil? Zaman saya kecil (generasi 90-an) belum banyak hape berkamera. Mengabadikan foto ya pakai tustel yang pakai roll itu. Dan zaman itu, foto di daerah saya adalah sesuatu yang ‘wah’.

Selain foto ijazah, seingat saya sich saya mempunyai beberapa foto. Om saya yang biasa memotret saya beserta kedua orang tua. Kala itu sich dicetak. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, foto-foto itu rusak dan buram.
 
Baju merah--WItri usia 6 tahun, kelas 1 SD

Berbeda ceritanya dengan kids zaman now, yang kesehariannya sudah terbiasa berurusan dengan kamera. Yaiyalah, wong sekarang itu hape/smartphone dibekali dengan kamera depan dan belakang. Smartphone bukan lagi barang mewah, bahkan anak TK saja atau balita juga sudah kenal smartphone. Selain itu, kehadiran sosial media juga semakin menyemarakkan kalau foto adalah sesuatu yang wajar.

Koleksi Foto Arjuna - @little_princeArjuna

Jadi jangan heran, kalau sekarang ini yang dipotret bukan hal-hal penting saja. Melainkan keseharian kitapun bisa saja diabadikan dalam selembar foto.

Semakin banyak foto, bagaimana soal penyimpanannya?

Berbeda dengan zaman dahulu, zaman now penyimpanan foto itu lebih banyak. Kalau zaman dahulu, foto dijadikan klis lalu dicetak. Sementara zaman now? Zaman now itu zamannya digital, penyimpanan fotopun begitu. Foto bisa diimpan di disk VCD, hardisk, flashdisk, memori smartphone bahkan bisa tersimpan di sosial media. Akan tetapi, meskipun begitu, apakah yakin jika foto-foto tersebut akan tersimpan selamanya tanpa terhapus?

Koleksi Foto Arjuna di Smartphone Mama
Tidak ada yang abadi di dunia ini! Penyimpanan ganda lebih baik daripada kita hanya menyimpan foto dalam bentuk digital. Disk VCD, hardisk, flashdisk, smartphone/komputer pun bisa rusak. Virus bisa menyerang dan foto-foto bisa terhapus begitu saja. Pun dengan sosial media.

Maka, tiada hal yang lebih baik jika foto tersebut dicetak sekaligus disimpan dalam bentuk digital. Tak harus semua foto, cukup untuk foto yang menyimpan moment-moment berharga, seperti :
💢 Pernikahan
💢 Wisuda
💢 Pre wedding
💢 Ulang tahun
💢 Traveling
💢 Dan masih banyak hal-hal yang penting yang rasanya sayang jika tidak diabadikan.

Namun, dalam mencetak foto, kita juga tidak boleh ngasal. Karena tentunya kita juga tidak ingin kalau foto-foto kita dicetak dengan kualitas yang kurang bagus sehingga tidak awet.


Memilih tempat percetakan foto yang bagus untuk saat ini bukanlah suatu hal yang sulit. Zaman now, zaman digital, zamannya serba online, apa sich yang tidak bisa? Apalagi buat species-species sok  sibuk seperti saya ini. Waktu yang begitu berharga. Kepengen mencetak foto dengan kualitas bagus tapi malas ke sana kemari karena hanya buang-buang waktu. Online yang menjadi pilihannya.

Hingga di sosial media aku menemukan idphotobook

Idphotobook? Iya, idphotobook! Apakah kalian sudah mengenalnya?

Idphotobook adalah jasa cetak foto secara online yang menggunakan Hard Board berlapis Lean Master Grade A, di mana setiap halaman berisi Mate Paper High Quality 150 gram yang terbukti tahan lama dan tahan air.

Jadi, hasil cetak foto di Idphotobook ini tidak seperti cetak foto yang biasa kita jumpai. Bukan lembar perlembar foto melainkan sebuah photobook. Di mana phootobook ini hasilnya seperti majalah. Wow... keren bukan? Kita bisa membuat majalah sendiri di mana isinya adalah foto-foto kita sendiri.Selain hasil foto kita bisa seperti majalah, mencetak foto di Idphotobook juga banyak keuntungannya loh, diantaranya :

Setelah tahu kalau cetak foto di Idphotobook itu banyak keuntungannya,  sayapun akhirnya cetak foto online mudah dengan Idphotobook untuk album foto anak saya. saya mengumpulkan foto-foto anak saya sedar lahir sampai usianya 3 tahun dan saya jadikan photobook mini. 

Hasil foto seperti majalah? Pasti mahal!
Ada kualitas, pasti ada harga! Itu mah jelas sekali. Akan tetapi, meskipun hasil cetak foto di Idphotobook ini bagus, harganya masih ramah kantong kok. Bahkan ada paket-paketannya loh. selain itu, tema juga beragam. Kita bisa cetak foto sesuai paket yang kita mau, warna yang kita mau dan tentunya tema yang kita mau.

Paket di IdPhotobook



1.    Mini 32
Ukuran 15,7cm x 11,8cm
32 Halaman
Isi 38 foto

2.    Couple 24
Berisi Album Medium 24 : 2 buah
Ukuran 21,5cm x 15,7cm
@24 Halaman x 2 = 48 halaman
Isi @49 Foto x 2 = 98 foto

3.    Medium 32
Bentuk Photobook Landscape
Ukuran 21,5cm x 15,7cm
32 Halaman
Isi 61 Foto

4.    Square 32
Bentuk Photobook Square (Persegi)
Ukuran 20cm x 20cm
32 Halaman
Isi 61 Foto

5.    Medium 24
Bentuk Photobook Landscape
Ukuran 21,5cm x 15,7cm
24 Halaman
Isi 49 Foto

6.    Large 32
Ukuran 20cm x 30cm
32 Halaman
Isi 75 Foto

Tema di Idphotobook
1.    Tema Traveling
2.    Tema Anniversary
3.    Tema Anak-anak
4.    Tema Wedding
5.    Ttema Artis

Lantas, bagaimana caranya cetak foto di Idphotobook?
Cetak foto di Idphotobook ini gampang banget, mudah dan enggak ribet. Banyak cara kok
bagaimana mau cetak foto di Idphotobook. Bisa melalui web idphotobook.com atau bisa langsung menghubungi admin melalui akun sosial media Idphotobook. Kalau saya, saya cetak foto di Idphotobook melalui inbox facebook Idphotobook.
1.    Menghubungi admin Idphotopook. Tanya tentang order maupun paketnya
2.    Setelah yakin dengan paket yang dipilih, admin akan memberikan no. Rekening
3.    Setelah itu, transfer dan kirim bukti terbit
4.    Admin memberikan no. Order, serta kita melengkapi apa judulnya dan warnanya apa. Kalau saya, karena saya memmbuat photobook untuk anak saya, saya memberi judul : Little Prince Arjuna dengan warna biru (Warna kesukaan anak saya) serta tema Thomas karena anaknya suka Thomas And Friends. Kebetulan tema itu juga ada.
5.    Admin memberikan syarat dan ketentuan serta cara mengirim foto. Bisa melalui browser atau mendownload aplikasi Idphotobook di Google Play

Akan tetapi, kita juga bisa cetak foto di Idphotobook langsung lewat web idphotobook.com. caranya sebagai berikut :

Cetak foto di Idphotobook ini free ongkir untuk daerah Jawa dan Bali. Selain itu, respon dari admin juga cepat, entah melalui inbox facebook maupun whatsapp.

Pengerjaannya pun bisa kita pantau. Melalui no. Order, kita bisa memantau orderan kita. Setelah dikirim, no. Resinya juga jelas, jadi kita juga bisa melacak pengirimannya.

Akan tetapi, jika ingin hasil foto maksimal atau bagus, resolusi minimalnya 1600x1200 pixel atau bisa tes dengan mengzoomnya 3 kali. Dan sebisa mungkin hindari foto hasil screenshoot atau kolase/grid.

Nah, gampang banget kan cetak foto di Idphotobook? Praktis, mudah tanpa ribet, cepat dan kualitas oke punya.

Foto itu selalu menyimpan cerita, memendam kenangan yang terkikis oleh waktu. Jangan sampai semua menghilang karena tak ada foto atau foto-foto kecemu rusak. Yuk cetak album foto di Idphotobook.



4 Responses to "SETIAP FOTO MENYIMPAN CERITA, DAN BIARLAH DIA BERCERITA LAYAKNYA SEBUAH MAJALAH"

  1. Ku baru tahu sama ID Photobook mbak..
    Ahh, bisa nih buat nyetak foto reuni keluarga kemarin, hehee
    Harganya terjangkau banget, apalagi kualitasnya nih ya mbakk hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar foto nikahan kamu, bikin kayak gini gih... hehehe

      Delete
  2. Waahh bagus nih mba..lbh gampang jg liatnya ,gak takut ilang fotonya ����

    ReplyDelete
  3. Benar sekali foto bisa meninggal cerita dan kenangan,,

    ReplyDelete