Latest News

SELF REWARD KETIKA BERHASIL MENYELESAIKAN NASKAH NOVEL...

SELF REWARD KETIKA BERHASIL MENYELESAIKAN NASKAH NOVEL...



Assalamualaikum temen-temen, kali ini saya akan bercerita tentang Self Reward. Oh ya, sebelum bercerita panjang lebar tentang Self Reward, akan saya jelaskan dulu tentang apa itu Self Reward.

Self Reward yaitu menghadiahi diri sendiri. Semisal, kita mempunyai target untuk melakukan sesuatu, dan kita bisa melakukan target itu, kita bisa saja memberi hadiah untuk diri sendiri.

Hadiahnya, dalam bentuk apa?

Terserah yaa, kita mau memberi hadiah apa untuk diri kita sendiri yang sudah mampu mencapai apa yang sudah kita targetkan. Contohnya, belanja dan jalan-jalan bisa menjadi hadiah menarik untuk diri sendiri. Anggap saja, membahagiakan diri sendiri.

Kalau saya, saya adalaha seseorang yang bekerja dikejar DL (menyeramkan yaa, berasa hidup enggak tenang, hehehe.) Yups, saya seorang karyawan yang hobi nulis dan demen ikut lomba. Entah itu lomba menulis cerpen atau lomba ngeblog. Yang penting mah nulis aja, pasti bakalan ada yang ngebacanya, kog.

Selain aktif  kejar lomba menulis, saya juga nulis novel. Dan nulis novel ini adalah hal yang paling sulit daripada bikin cerpen atau corat-coret di blog. Secara, nulis novel itu butuh tenaga yang ekstra, kedisiplinan dan kesetiaan. Disiplin nulisnya, karena kalau bolong-bolong, kapan selesainya? Setia sama ceritanya, karena terkadang baru dapat separuh halaman sudah ada ide-ide yang bertebaran sehingga satu naskah belum selesai malah selingkuh sama naskah yang lain.

Nah, saya bener-bener harus disiplin dan setia ketika nulis novel. Berat itu pasti, apalagi kalau malas menghampiri, saya bener-bener butuh penyemangat diri sendiri. Seperti contohnya, apa tujuan nulis novel, untuk siapa novel ini ditujukan dan sembari ngebayangin nominal apabila novel ini berhasil lolos ACC mayor, hehehe (matre, yaaa?)
Nah, biar tambah semangatnya lagi nih, saya ngasih Self Reward buat diri sendiri. Membuat target, kapan novel ini harus selesai. Kalau tidak selesai dalam waktu yang ditentukan, harus hukum diri sendiri agar nggak mengulangnya lagi. Tapi, kalau bakal lolos target, saya ngasih self reward seperti jalan-jalan, makan di luar, belanja atau buku gratis untuk referensi.

Jadi, saya kan nggak Cuma nulis satu novel (meski baru satu novel saya yang ACC mayor), ngasih Self Rewardnya juga ganti-ganti. Saya juga ngasih Self Reward tambahan loh, kalau novel di ACC mayor, wajib nich makan-makan bareng suami, heheheh.


Nah, temen-temen, itu adalah cerita saya yang ngasih Self Reward. Self Reward bisa jadi penyemangat loh, yaaa? Kalau temen-temen, suka ngasih Self Reward enggak? Bagi yang belum pernah, yuk cobain ngasih Self Reward, menyenangkan loh.

Wassalamualaikum. Wr. Wb



2 Responses to "SELF REWARD KETIKA BERHASIL MENYELESAIKAN NASKAH NOVEL..."