Latest News

KEUNGGULAN MENGGUNAKAN DOMAIN DOTCOM ATAU DOTNET DOTCOMFORME

KEUNGGULAN MENGGUNAKAN DOMAIN DOTCOM ATAU DOTNET DOTCOMFORME

ID Peserta : 019

KEUNGGULAN MENGGUNAKAN DOMAIN DOTCOM ATAU DOTNET DOTCOMFORME. Yang namanya rejeki sebenarnya sudah diatur sama Yang Kuasa. Akan tetapi rejeki tidak datang saat kita hanya ongkang-ongkang kaki saja. Rejeki datang seiring usaha kita.

Begitupun dengan rejeki seorang blogger. Yang namanya ngeblog, menghasilkan pundi-pundi materi, tentunya juga harus disertai dengan modal. Lantas, apa saja sih modal seorang blogger itu?

Yang namanya blogger, modal utamanya harus punya blog, itu mah pasti. Kalau tidak punya blog, darimana bisa disebut blogger? Masa iya sih ngeblog di lapak tetangga? Apa iya nulis di buku terus disebut blogger, itu mah namanya penulis.


Untuk membuat blog sendiri, sebenarnya mudah sekali. Bikinnya tidak membayar kok, toh ada blog gratisan seperti blogspot atau wordpress. Hanya saja, alat yang digunakan untu membuat blog yang bayar kan, ya? Kan pakai PC yang tersambung internet atau pakai smartphone, wkwkwk... LOL *abaikan.

Untuk membuat blog gratisan ini sebenarnya juga mudah sekali. Dimulai dari membuat akun gmail lalu masuk ke blogger.com dan ikuti step by stepnya. Pun jika membuat memakai wordpress, langsung saja masuk ke wordpress.com.


Akan tetapi, yang mau saya ceritakan di sini bukan bagaimana caranya membuat blog. Melainkan tentang manfaat ngeblog dan tetek bengeknya sehingga kita bisa mendapatkan materi dari ngeblog. Etapi cerita saya ini menurut pengalaman pribadi saya yah, bukan dari orang-orang ataupun nanya Mbah Google.

Saya sendiri, mulai membuat blog itu mulai dari tahun 2010. Awalnya sih niat saya Cuma mau buat posting cerpen-cerpen saya, secara kala itu saya lebih suka nulis fiksi dan belum tahu tentang blog dan blogger.

Saya tidak hanya punya satu blog saja, melain punya dua blog, yang satunya blogspot dan yang satunya wordpress dan masih gratisan semua. Waktu itu sih sama sama sekali belum tahu kalau dari ngeblog kita bisa mendapatkan materi.

Seiring berjalannya waktu, teman makin nambah, wawasan juga nambah. Sampai-sampai saya terjun ke dunia MLM dan disarankan membuat blog. Saya sudah punya blog dan disuruh pasang banner-banner tentang produk MLM tersebut. Sampai akhirnya, saya bikin beberapa blog lagi. Sayangnya sih hanya bikin dan tidak saya manfaatkan.

Tahun 2015, saya sudah meninggalkan dunia MLM. Saya kembali ke dunia saya, penulis. Hingga akhirnya saya menemukan info giveaway di blog dan karena saya mempunyai blog, sayapun ikutan. Dan dari situlah, asal muasal saya menekuni dunia blogging hingga menjadi profesi seperti saat ini.

Beberapa bulan menekuni dunia blogging, saya kenal sama beberapa blogger/ etapi saya minder, rata-rata blog mereka sudah dotcom atau dotnet. Sementara punya saya mah apa atuh, masih pake blog gratisan. Mana kalau ada job review atau content placement yang dicari juga yang sudah top level domain alias dotcom atau dotnet, makin minderlah saya kala itu.

Sayapun akhirnya curhat ke teman SMA yang menggeluti dunia blogging. Saya malah disarankan untuk membeli domain dan hosting, sampai dia merekomendasikan salah satu jasa penyedia domain dan hosting. Saya yang belum kenal betul dengan dunia bloggingpun hanya mengiyakan saja. Tetapi, sayangnya domain yang saya beli ditu bukan dotcom ataupun dotnet. Domain itu murah sih di awal pembelian, Cuma belasan ribu, tapi untuk tahun selanjutnya? 500 ribu pertahun? Mana pakai hosting pula, tahun depan bisa jadi hampir 800an ribu untuk satu blog. Hmm, saya tarik nafas panjang-panjang, enggak apa-apa, semoga rejeki akan selalu mengikuti. Aamiin.

Punya satu blog yang sudah TLD itu tentunya bangga, enggak seminder dulu sih kalau ngobrol sama teman atau kalau datang ke acara blogger. Dan semakin ke sini saya semakin ngerti. Domain dan hosting itu kan kalau blognya wordpress, kalau blogspot mah Cuma beli domain saja. Kebetulan saya masih punya dua blog blogspot yang masih gratisan. Dan seiring berjalannya waktu, ada dong harapan untuk memberi niche ke blog-blog saya itu dan menjadikannya dotcom. Secara ya, kalau sudah dotcom itu job-job semakin mendekat, iya kan iya kan? *maksa...


Akhirnya saya beli domain dotcom. Awal postingan saya mah ya cerpen, tapi lama-lama jadi gado-gado. Dulu alamatnya www.witricom.blogspot.co.id, tetapi beberapa hari yang lalu sudah berganti menjadi www.witriprasetyoaji.com.

Blog ini sudah ada sejak tahun 2010, sayangnya tidak keurus. Saya lebih aktif menulis fiksi dan kerja di dunia nyata.

Kenapa sih memilih dotcom?

Masih nanya kenapa memilih dotcom? Padahal sudah baca sedikit penjelasan saya di atas kan? Saya pernah beli domain bukan dotcom bukan dotnet, belinya murah tapi perpanjangannya mahal. Jadi kesimpulannya, saya memilih dotcom karena dotcom memiliki beberapa keunggulan, di antaranya :

-      Harganya terjangkau (perpanjangan Cuma seraturasn ribu pertahun)
-      Mudah mengingat namanya dan sudah familiar
-      Mudah penggunaanya
-      Mudah terindek google
-      Sebagai modal ngeblog-      Agar mudah mendapatkan job

Yang terakhir terlihat matrealistis, ya? Tapi memang iya sih, mengubah alamat blog dari yang gratisan ke yang berbayar itu niatnya memang agar mudah mendapatkan job review. Dan Alhamdulillah, berkat dotcom, rejeki semakin bertambah. Berkat dotcom, setiap bulan selalu ada penghasilan dari ngeblog. Dan Alhamdulillah, setelah jadi dotcom, saya makin pede ngeblognya.

Etapi, sebenarnya alasan utama saya ngeblog bukan karena nyari materi sih meskipun ujung-ujungnya juga nyari materi. Alasan utama yang dimulai sebagai wadah tulisan fiksi saya ya karena dasarnya saya itu memang suka menulis. Karena bagi saya, menulis itu terapi jiwa dan menulis itu berbagi. Yups, membagikan cerita, membagikan informasi.

Dan ketika kesukaan terhadap menulis itu mampu menghasilkan? Rasanya kok bahagia sekali ya? Hingga kini, ngeblog menjadi gaya hidup saya. Sehari tanpa ngeblog, kok berasa ada yang beda dan ada yang dikangenin, ya?

Di mana beli domain dotcom dan dotnet?

Sekarang ini, banyak loh jasa penyedia domain dan juga hosting. Salah satunya adalah dotcomforme. Beberapa hari lalu saya beli domain di dotcomforme. Pertama beli, langsung beli dua. Satu buat saya, satu buat teman kantor yang kepengen ngeblog seperti saya. Katanya, berkat ngeblog hidup saya semakin asyik, terus sering dapat transferan. Alhamdulillah, ya? Ngeblog ternyata tak hanya menambah rejeki buat saya, tapi juga menular.


Beli domain di dotcmforme ini murah loh, hanya 100 ribu saja, perpanjangannya juga sama. Bahkan untuk yang mau beli sekalian hosting, juga 100 ribu. Jadi, beli domain 100 ribu bisa gratis hosting 500 MB. Asyik, kan?

Nah, itu adalah pengalaman saya tentang blogging dan dotcom. Dotcom itu modal ngeblog, dotcom itu murah dan dotcom itu ya dotcomforme.

#HappyBlogging

#DotComForBlongging

39 Responses to "KEUNGGULAN MENGGUNAKAN DOMAIN DOTCOM ATAU DOTNET DOTCOMFORME"

  1. biasanya untuk biaya perpanjangan udah ketauan di awal kan ya?

    ReplyDelete
  2. Aku juga pake dotcom :) Makasih infonya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Biayanya terjangkau ya Wit dan manfaatnya banyak :)

    ReplyDelete
  4. Wiiih 100 ribu udah plus hosting??

    ReplyDelete
  5. Murah ya beli domain di sana. Nanti cobain juga ah.

    ReplyDelete
  6. Keuntungan pakai domain TLD emang banyak banget Mbak.

    ReplyDelete
  7. Saya juga bangga lho bisa menghasilkan dari blog.

    ReplyDelete
  8. Saya juga dulu maju mundur cantik jadiin blog jadi dot com. Sekarang malah kangen ngeblog di wordpress karena sebelum jadi blog TLD saya ngeblog di wordpress. Tapi WP agak mahal ya jadi agak mikir dulu *orangnya perhitungan. Hehehe...

    ReplyDelete
  9. blog ku dulu didotcomin buat biar kece. haha..
    sudah 4 tahun lebih

    ReplyDelete
  10. Kayak perlu ini untuk bikin satu lagi buat ngurus yg blogspot itu loh mbs

    ReplyDelete
  11. Udah mau setaun blogku di dotcomin, mau perpanjang nih bentar lagi hii

    ReplyDelete
  12. sudah betul itu, .com atau apapun selama TLD (top level domain)

    ijonk

    ReplyDelete
  13. Saya juga pakai dotcom mbak
    Awalnya g ngerti harus pilih apa
    Untunglah saya bertanya pada teman yang tepat dan disarankan dotcom.

    Toss ala dotcom 👋👋👋

    ReplyDelete
  14. aku mau beli dotcom buat blog-blogku yang lain mbak, rekomendasinya oke nih. Soalnya suka bingung juga musti beli dimana..kurang paham juga soalnya. Hihi

    ReplyDelete
  15. Saya beli domain supaya bisa ngedim nama windacarmelita dot com hihihi satu-satunya di dunia ini :p *kemaruk sama identitas online. Tapi dengan punya blog yg berdomain dotcom, kesannya jadi lebih profesional ya mbak ..

    ReplyDelete
  16. Iya, betul banget
    selain pede, bangga, pake TLD job pun jadi mudah datangnya :)

    ReplyDelete
  17. Iya blog TLD bakal dilirik agensi dan bisa dapat job ya, wah jadi pengen kenalan lebih jauh cerpennya Mbk. Aku juga suka nyerpen

    ReplyDelete
  18. Iya dot com emang murah ya untuk satu tahun :)

    ReplyDelete
  19. jadi pengen bikin blog lagi hehe

    ReplyDelete
  20. Wuih, 100K termasuk hosting tuh pertahunnya jg segitu kah?

    #seriusnanya

    ReplyDelete
  21. Wahahah sama banget ini. Aku asal beli karena lihat promo murah kan eh ternyata biaya tahun kedua domain yang itu mihil! Yaudah beli lagi yang dotcom

    ReplyDelete
  22. Waduuh, itu sampe ada yang 500rb pertahun? Lumayan juga, ya...
    Kalo saya pake yang sedang-sedang aja. Disesuaikan dengan kemampuan, Mbak hehehe

    ReplyDelete
  23. aku jg ngerubah domain dan hosting dr blogku yg gratisan dulu.. tp krn aku gaptek, jdnya pake jasa web designer sih mbak :D..kalo aku ga ngerti cara2 ngerubah ini... agak mahal sih jatuhnya, dan perpanjangan jg 800rb sebulan, tp setidaknya semua dimaintain ama mereka.. tugasku hanya posting tok ;p.. segala sesuatu yg berhubungan ama maintenance, security dan protection, itu aku serahin ke mereka :)

    ReplyDelete
  24. Murah nya beli domain di dotcom

    ReplyDelete
  25. setelah sekian lama, akhirnya saya pakai dotcom juga. eh, tapii..malah ga pernah diisi. duh . . .

    ReplyDelete
  26. Yang udah pake dotcom terus rekeningnya gemuk. Selamat mbak witri

    ReplyDelete
  27. Dotcom populer soalnya. Mudah diingat pulak

    ReplyDelete
  28. Aku pengin, tapi masih ragu-ragu mau beli domain

    ReplyDelete
  29. Buat resolusi 2017 nih...😁. Pake dotcom biar eksis kayak mak witri

    ReplyDelete
  30. sama mba, pake domain dotcom itu memang asik, semangat menulis jadi bertambah, kan sayang udah ganti domain malah jadi males nulis, kalo saya pake domainnya .id mba, hhe omripiu.id mampir ya :D

    ReplyDelete
  31. harganya emang murah banget ya... apalagi plus hosting pula. suka deh sama paketnya

    ReplyDelete
  32. Sebelum beli dot com harus selektif pilih provider. Kalau sering error kan ngefek banget ke blog kita

    ReplyDelete
  33. dot com emang bikin semangat buat ngisinya :)

    ReplyDelete
  34. Nilai plus lagi kalo pake dotcom url blognya nggak kepanjangan ����

    ReplyDelete
  35. Biayanya terjangkau yaaa.. 100rb buat setahun lumayan banget.

    ReplyDelete