Latest News

PILIH PLATFORM BLOG SESUAI SELERA...

PILIH PLATFORM BLOG SESUAI SELERA...


Temen-temen pastinya sudah pada tahu apa itu blog dan apa saja platformnya. Secara, sekarang ngeblog mah sudah berasa menjadi bagian dari gaya hidup gitu. Apalagi blogger juga sudah diakui sebagai profesi, bahkan sudah ditetapkan juga kapan hari blogger itu. Wuih, keren kan?



Tapi, masih ada juga sebagian dari temen saya yang belum ngerti apa itu blog dan gimana sich cara buatnya? Oke, untuk postingan kali ini saya mah belum ngebahas gimana cara ngebuat blog pakai platform gratisan, tapi saya mau sedikit menjelaskan macam blog platform gratisan.

Kenapa saya mau menjelaskan? Yaa, agar temen-temen yang mau buat blog bisa milih, pakai platform yang mana. Jangan sampai, udah buat blog paltform begini, udah banyak postingannya dan pengunjungnnya juga membludak, eh malah nyesel dan mau pindah platform. Jangan sampai yaaa, itu mah saya banget. Hehehe. Iya, sedikit curhat saja, saya mah punya beberapa blog dengan beberapa platform. Emang orangnya suka nyoba-nyoba gitu. Makanya, yuk bahas macam platform blog. Yuk cekidot...

Platform yang mau saya bahas di sini, tentunya yang saya pakai juga loh yaaa.
1. Blogspot


Contoh akun blog blogspot saya, klik DI SINI

Blogspot merupakan  salah satu penyedia akun website gratis di mana kita bisa postig , sharing dan lainnya. Akun Blogspot juga merupakan akun google karna saat kita login blog tersebut menggunakan akun google.
Blogspot ini juga mempunyai beberapa kelebihan loh dibandingkan dengan platform gratis lainnya. Dari tema, kita lebih gampang otak-atik temanya, jadi bisa modifikasi sendiri dan bisa posting unlimited loh. Blogspot juga tergolong mudah, bersahabat dengan google adsense (secara blopspot kan bagian dari google) dan javascript. Dan satu lagi, kalau pindah ke TLD juga lebih mudah loh.
Dan tentunya, saya recomended banget buat temen-temen yang mau buat blog. Khusunya buat pemula.

2. Wordpress

Contoh blog wordpress saya, klik DI SINI


Wordpress juga merupakan salah satu platform gratisan. WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
Tapi yaaa, jujur saja, wordpress ini lebih sulit daripada blogspot. Secara, tema sulit diotak-atik, atau kalau enggak harus pindah ke tema berbayar. Mau pindahan ke TLD pun juga agak mahal. So, kalau saya sich, kurang recomended buat temen-temen yang mau buat blog untuk pemula. Meskipun saya sendiri juga punya blog di wordpress.

3. Tumblr


Contoh blog tumblr saya, klik DI SINI


Tumblr adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.
Hmm, Tumblr juga mempunyai beberapa kelebihan loh. Di antaranya, simple dan mudah digunakan, mudah mencari teman, tinggal follow (semoga aja ada yang follow back :D kayak di twitter atau instagram gitu), bisa Reblog (kalau nemu postingan bagus, gak usah capek-capek  copy trus paste trus publish, di tumblr tinggal klik reblog), kalau cuman suka tinggal klik “Like” aja, banyak pilihan theme/template (blogspot dan wordpress gak kalah kalau soal ini), ada fasilitas diferensasi untuk postinganya, jadi kalau mau posting entar ada beberapa pilihan kategori seperti (Quote, Link, Video, Audio, Image, Text, dan Chat), ada Post Feed (niru istilah News Feed-nya Facebook), jadinya entar tuh di dashboard kita bakalan dipenuhin sama postingan temen-temen yang di follow.
Tapi Tumblr juga mempunyai kelemahan. Di antaranya enggak ada Navigasi untuk daftar postingan, enggak ada fasilitas Comment, kurang search Engine Friendly, gak seperti wordpress dan blogspot yang udah bertebaran di Google.
Tapi jujur yaaa, saya masih agak bingung dalam menggunakan tumblr ini. Sedikit kesulitan dan saya sendiri jarang memposting di tumblr ini. So, kurang recomended dech.

4. Kompasiana

Contoh blog kompasiana saya, klik DI SINI


Kompasiana adalah blog jurnalis Kompas yang bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media). Di sini, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.
Tapi, sayangnya di kompasiana ini nggak ada pilihan temanya. So, yaaa tampilannya kayak gitu saja. Dan lagi, kita nggak bisa masang iklan seperti di blogspot atau wordpress.
Kalau saya, posting di kompasiana kalau kompasiana ngadain event saja (untuk saat ini). Hehehe. Jadi, bisa dibilang sekedar meramaikan saja.

5. Blogdetik


Contoh blog blogdetik saya, klik DI SINI


Tidak jauh beda dengan kompasiana sich. Blogdetik merupakan platform blog lokal asli dari Indonesia.
Di blogdetik, ada beberapa pilihan temanya, jadi agak sedikit beda dengan kompasiana. Blogdetik juga menyediakan ruang untuk kita pasang iklan, tapi cuma beberapa. Nggak sebebas di blogspot atau wordpress.
Jujur saja, saya baru kalau di akun blogdetik. Postingnya yaaa kalau ada event dari blogdetik saja.


Nah temen-temen, itu adalah beberapa platform gratisan yang saya gunakan. Temen-temen bisa milih, mau yang mana.***



0 Response to "PILIH PLATFORM BLOG SESUAI SELERA..."